Senin, 04 April 2011

PENGOBATAN PENYAKIT DENGAN TERAPI LINTAH


 SEKILAS TENTANG LINTAH

Sumber : http://www.hirudomedicinalis.co.cc/tentang-lintah/


Lintah adalah ‘cacing’ dengan pengisap pada setiap ujung. Lintah dapat berbagai ukuran dari dari setengah inci sampai sepuluh inci panjangnya. lintah coklat atau warna hitam. Beberapa memakan bahan tanaman yang membusuk. Lainnya adalah parasit, makan pada darah dan jaringan hewan lainnya.

Lintah menghisap darah Anda menggunakan dua cara: mereka menggunakan belalai untuk menusuk kulit Anda, atau mereka menggunakan tiga rahang dan jutaan gigi kecil. Mereka hidup hampir di mana saja di mana ada air. Lintah menemukan Anda denganmendeteksi minyak kulit, darah, panas, atau bahkan karbon dioksida saat anda bernafas keluar.

Lintah tidak perlu sering diberi makan. Hal ini karena mereka mengambil dalam jumlah besar darah ketika mereka makan.

Dokter sering digunakan lintah di masa lalu untuk mengambil darah. Beberapa tukang cukur, lintah digunakan untuk melakukan operasi serta memotong rambut. Ketika tukang cukur selesai operasi, dia akan mengambil perban berdarah dan membungkus di sekitar tiang untuk menunjukkan bahwa ia melakukan pembedahan, juga. Itulah bagaimana asal muasal tiang putih dan merah berputar-putar pada tukang cukur.

Hari ini, belatung dan lintah yang digunakan untuk alasan yang berbeda. Para ilmuwan sedang mempelajari air liur lintah. Mereka percaya zat yang menghentikan atau mencegah penggumpalan darah akan suatu hari nanti dapat digunakan pada manusia. Para peneliti juga mengidentifikasi beberapa senyawa medis yang dapat dikembangkan dari air liur lintah. Sifat-sifat antikoagulan dan bekuan-mencerna zat-zat ini membuat mereka berpotensi berguna sebagai obat untuk pengobatan penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung dan stroke. Lintah dapat “diperah” untuk sekresinya tanpa dirugikan, dan penelitian terus ke dalam kemungkinan rekayasa sintetis air liur lintah.

Tapi lintah masih digunakan untuk menghisap darah! Dokter sekarang beralih ke lintah untuk membantu mengembalikan sirkulasi darah ke jari jaringan dan disambungkan dicangkok dan jari kaki. Sebagai contoh: microsurgeons di sebuah rumah sakit Boston lintah digunakan untuk menyimpan telinga seorang anak berusia 5 tahun yang telah mati digigit anjing. lintah tersebut dapat menghapus semua darah padat untuk memungkinkan sirkulasi normal untuk kembali ke jaringan, sehingga mencegah gangren dari awal.

Hari ini, ratusan ribu lintah dijual di Amerika Serikat ke rumah sakit, klinik dan pasar Eropa individuals. jauh lebih besar: jutaan lintah dijual setiap tahun.

Sejarah Terapi Lintah 

Sumber : http://evialfadhl.wordpress.com/2010/08/24/sejarah-terapi-lintah/

Sejak 4000 tahun yang lalu terapi lintah sudah akrab dengan dunia pengobatan. Manfaatnya sudah diakui oleh kedokteran Yunani dan Romawi. Pada abad ke-19 lintah menikmati zaman keemasan. Jutaan lintah dibudidayakan untuk penggunaan medis dalam terapi sedot lintah.

Pertengahan 1800-an lintah digunakan untuk menyedot darah pada titik lokal. Pengobatan dengan lintah diberikan kepada pasien yang menginginkan perubahan warna pada wajah.
Dokter menggunakan  lintah untuk membantu mengembalikan sirkulasi darah ke jaringan yang akan dicangkokkan dan disambungkan seperti jari dan jari kaki.

Sebagai contoh: microsurgeons di sebuah rumah sakit Boston lintah digunakan untuk menyimpan telinga anak yang umur 5 tahun yang telah mati digigit anjing. Lintah tersebut dapat mengencerkan semua darah padat untuk memungkinkan sirkulasi normal untuk kembali ke jaringan, sehingga mencegah gangren dari awal.

Pada akhir abad ke-19 zaman keemasan lintah itu telah berlalu.

Lintah telah menemukan ketenaran baru di mikro, di mana dokter memerlukan ketelitian lintah untuk mengalirkan darah yang tersumbat dari tempat yang terluka. Ahli bedah plastik sangat berterima kasih atas kontribusi yang telah dilakukan oleh lintah itu, karena penggunaannya dalam pengobatan grafts sulit dan bedah rekonstruksi.

Pada masa sekarang ini lintah dibesarkan di penangkaran atau peternakan. Dan ratusan ribu lintah dijual di Amerika Serikat untuk rumah sakit, klinik dan pasar Eropa jutaan lintah dijual setiap tahun.

Selain itu  Inggris dan Skotlandia negara pengimpor lintah terbanyak dari Prancis, Hungaria, Ukraina, Turki, Rumania, Rusia, Mesir dan Aljazair.

Rumah sakit di London dan Paris memerlukan 13.000.000 lintah setiap tahunnya. Bahkan di Amerika lintah mereka produksi sendiri dan satu peternakan menjual lebih dari seribu per hari.


Sejarah Terapi Lintah di Kedokteran
Sumber : http://hirudotherapy.yolasite.com/

Pengobatan lintah adalah setua Piramid. Secara harfiah. Catatan menunjukkan bahwa Mesir menggunakan terapi lintah lebih dari 3.500 tahun yang lalu dan lintah (sering keliru dikreditkan sebagai kobra) termasuk dalam hieroglif dilukis di dinding. Terapi lintah digunakan untuk mengobati berbagai macam kondisi, dari sakit kepala sampai wasir.

Bloodletting adalah salah satu praktek medis tertua, yang telah dipraktekkan sejak zaman kuno, termasuk Mesopotamians, Yunani, bangsa Maya, dan Aztec. Di Yunani, pertumpahan darah adalah praktek standar sekitar waktu Hippocrates dan Herophilos.

Herophilos (335-280 SM) adalah seorang dokter Yunani yang adalah ilmuwan pertama yang secara sistematis melakukan pembedahan ilmiah dari mayat manusia dan dianggap ahli anatomi pertama. Hippocrates dari Cos (460BC-370BC) juga seorang dokter Yunani dan disebut sebagai "bapak kedokteran". Dia adalah dokter pertama yang menolak takhayul, legenda dan keyakinan yang dikreditkan kekuatan gaib atau ilahi menyebabkan penyakit.

Kedua dokter digunakan lintah obat, antara metode lain, untuk darah membiarkan untuk menghapus darah dari seorang pasien untuk "menyeimbangkan humor". Empat humor filsafat medis kuno adalah darah, dahak, empedu hitam dan empedu kuning. Kepercayaan pada saat itu adalah bahwa keempat humor harus tetap seimbang dalam rangka bagi tubuh manusia untuk berfungsi dengan baik. Setiap penyakit atau penyakit yang dianggap sebagai hasil dari ketidakseimbangan humor ini. Humor dominan diyakini darah.

Namun ia Aelius Galenus (AD 129-200), seorang dokter terkemuka dan filsuf dan peneliti medis yang paling berhasil dari era Romawi yang berlatih darah membiarkan luas dan memperkenalkan darah membiarkan ke Roma. Teori-teorinya didominasi dan dipengaruhi ilmu kedokteran Barat selama lebih dari seribu tahun. Dari empat humor, Galen percaya darah itu adalah humor yang dominan dan yang paling membutuhkan kontrol. Roma adalah yang pertama untuk menggunakan nama Hirudo untuk lintah. 

Terapi Lintah atau HIRUDOTHERAPY selamat jatuhnya Kekaisaran Romawi Barat dan tetap populer di seluruh Abad Pertengahan. Selama berabad-abad itu tetap merupakan bagian integral dari mengobati penyakit dan penyakit di seluruh dunia. Bloodletting dalam berbagai bentuk terutama populer di Amerika Serikat muda Amerika. Benjamin Rush (penandatangan dari Deklarasi Kemerdekaan) melihat keadaan arteri sebagai kunci untuk penyakit, merekomendasikan lebih tinggi dari tingkat yang pernah mengeluarkan darah. Meskipun, tingkat pertumpahan darah yang digunakan adalah cara untuk tinggi!
Sebagai dosen di Royal College of Physicians akan menyatakan pada tahun 1840, "darah-membiarkan adalah obat yang ketika bijaksana bekerja, hampir tidak mungkin untuk memperkirakan terlalu tinggi" 

Memang, pada pertengahan 1800-an permintaan untuk lintah begitu tinggi bahwa Perancis mengimpor sekitar empat puluh juta lintah tahun untuk tujuan medis, dan pada dekade berikutnya, Inggris mengimpor enam juta lintah tahun dari Perancis saja, karena produksi lintah dari mereka pertanian sendiri di dekat Oxford tidak mencukupi. Dan bukan hanya Eropa - ada ledakan dalam penggunaan lintah di Asia dan Timur Tengah.

Banyak ditinggalkan lintah dengan munculnya antibiotik di tahun 1930-an. Namun pertumpahan darah masih bertahan dan bahkan direkomendasikan oleh Sir William Osler dalam edisi 1923 dari buku berjudul The Prinsip dan Praktek Kedokteran. Dalam paruh kedua abad ke-20 refound lintah peranan penting dalam praktek medis dan lintah sekarang digunakan secara luas oleh ahli bedah rekonstruksi yang perlu untuk menghapus darah stagnan dari flap atau anggota badan disambungkan.

Dalam UU 28 Juni, 2005, Food and Drug administrasi (FDA) mengizinkan untuk pertama kalinya pemasaran komersial Obat Lintah untuk tujuan pengobatan dan memutuskan bahwa lintah adalah perangkat medis karena mereka memenuhi definisi perangkat medis.
Penelitian medis dan penggunaan lintah tidak pernah berhenti di beberapa bagian dunia, khususnya di Rusia. Jadi sedikit mengherankan bahwa Rusia mencapai tingkat tertinggi dalam penelitian secara keseluruhan pada lintah obat dan menjadi produsen terbesar Hirudo medicinalis di Dunia. 

Hari ini seluruh dunia adalah penangkapan pada sebagai lintah berada di titik puncak tidak hanya menikmati kebangkitan untuk manfaat kesehatan diketahui, namun ada penemuan baru yang konstan berdasarkan penelitian kesehatan menyeluruh tentang efek positif dari zat-zat yang dihasilkan oleh lintah obat, yang kemudian diinduksi dengan lintah ke dalam tubuh manusia (dan / atau hewan juga!) selama perawatan hirudotherapy. 

"... Lintah ini bisa membantu untuk semua orang [semua orang] ... dan bahkan kucing ... Para lintah dapat menyembuhkan segalanya. "

Prof.A.I.Krasheniuk, St Petersburg, Rusia

  "Saat petugas kesehatan tidak ada, kebijaksanaan tidak dapat mengungkapkan sendiri, seni tidak bisa terwujud, kekuatan tidak bisa melawan, kekayaan menjadi tidak berguna dan intelijen tidak dapat diterapkan."
Herophilos



 
Diantara Manfaat Terapi Lintah Dapat Membantu Mengobati :
  • Diabetes mellitus kering / basah.
  • Kelenjar getah bening.
  • Tyroid.
  • Segala jenis Kanker dan Tumor.
  • Darah tinggi.
  • Migraine.
  • Sering pusing.
  • Kolesterol.
  • Asam urat.
  • Rematik.
  • Pengapuran.
  • Stroke.
  • Gangguan seksual.
  • Sakit pinggang.
  • Narkoba.
  • Gatal – gatal.
  • Alergi makanan.
  • Cedera otot / Saraf terjepit.
  • Jantung Koroner.
  • Penyempitan pembuluh darah.
  • Penyumbatan darah di otak dan jantung.
  • Melancarkan / menghilangkan sumbatan dan gumpalan darah yang lama terkoagulasi membentuk plak di saluran arteri.
  • Mencairkan pembekuan darah di kepala / otak, saraf halus, saraf sensorik, saraf motorik, saraf telinga, dan retina mata.
  • Terapi ini bisa memperbaiki / menghidupkan pembuluh / jaringan saraf halus yang cedera / rusak / mati akibat penyakit / kecelakaan.
  • Melancarkan suplai oksigen dan nutrisi dalam darah. Akibat dari tidak lancarnya aliran darah dan oxsigen maka rasa sakit yang sering di rasa yaitu kesemutan, kaku, baal, panas, dingin, sampai mati rasa.
 
1. Diabetes Mellitus
Setiap tahun lebih dari tiga juta orang di seluruh dunia meninggal sebagai akibat dari komplikasi Diabetes Mellitus atau dengan kata lain terjadi satu kematian setiap tiga detik. Diet serta olahraga yang teratur dapat mengurangi secara drastis kemungkinan seseorang dengan toleransi glukosa terganggu karena diabetes. Terapi efektif bisa dilakukan dengan lintah. Untuk mengobati Diabetes Mellitus (kering) lintah-lintah tersebut ditempelkan pada bagian yang ba’al, mati rasa, kesemutan, kaku, sakit disekitar kaki maupun tangan. Gangguan seperti sering buang air kecil pada malam hari, tidak bisa buang air besar setiap hari, perut kembung dan gangguan disfungsi ereksi bisa disembuhkan dengan Terapi sedot lintah dan herbal yang teratur. Diabetes Mellitus (basah) seperti : gangrene, radang, bengkak, luka yang tidak bisa sembuh, busuk, sudah mati rasa disekitar lubang luka, saraf / jaringan yang mati akan hidup kembali hanya dengan terapi lintah dan ramuan herbal tanpa perlu diamputasi. Diabetes Mellitus (basah) bisa disembuhkan.

2. Kanker / Tumor / Kelenjar Getah Bening / tyroid
Pada umumnya bila terasa ada benjolan dileher maupun di bagian tubuh lainnya, sebelum terasa sakit atau nyeri biasanya di diamkan saja. Hasil pengobatan pada kanker dini jauh berbeda dengan kanker yang sudah lanjut. Pada kanker dini umumnya pengobatan lebih sederhana, lebih murah dan yang lebih penting lagi adalah hasil pengobatan yang jauh lebih baik. Perlu diketahui bahwa kelenjar tyroid / getah bening dan sel kanker berkembang setiap saat, ada yang sangat cepat dan ada yang lambat. Apapun namanya tetaplah sel-sel yang abnormal harus benar-benar diwaspadai. Dengan terapi yang kami lakukan biasanya, benjolannya akan terus mengecil seiring masa pengobatan yang dijalani juga rasa sakit akan berkurang dan hilang. Semua dilakukan tanpa operasi, kemoterapi, hormonterapi ataupun radiasi.

3. Saraf Terjepit / Cedera Otot
Kesemutan adalah gejala yang muncul akibat gangguan pada sistem saraf sensorik. Gangguan itu timbul karena rangsang listrik pada sistem itu tidak tersalur secara penuh. Berikut ini kelompok penyebab kesemutan akibat trauma (saraf terjepit otot, tertimbun cairan tertentu dalam tubuh, atau terjepit benda lain di luar tubuh yang mempengaruhi otot dan saraf). Juga akibat aktivitas anggota tubuh, entah tangan, kaki atau bagian tubuh lain tanpa henti. Dimulai dari rangsangan berupa sentuhan, tekanan, rasa sakit, suhu panas atau dingin, rangsangan ini diterima reseptor saraf pada kulit, lalu dikirim ke saraf tepi, masuk dalam susunan saraf pusat di sumsum tulang belakang. Gangguan saraf tepi yang biasanya mewujud pada gejala kesemutan bisa muncul akibat saraf terjepit otot atau jaringan lain. Di dalam tulang punggung berjajar sumsum tulang yang bisa menekan saraf di sekitarnya atau menekan saraf yang keluar dari setiap tulang punggung. Di setiap tulang punggung terdapat lubang tempat keluar akar saraf yang berasal dari sumsum tulang. Tempat keluar ini bisa dipersempit oleh inti tadi, sehingga saraf tertekan. Inilah yang biasa disebut sebagai saraf terjepit oleh kebanyakan orang. Terapi lintah untuk keluhan sakit karena saraf terjepit sangat efektif dan cepat menghilangkan nyeri, kaku, sulit bergerak, panas yang disertai dengan kejang – kejang. Karena dalam air liur lintah (hirudin) banyak terkandung antikogulan (anti pembekuan darah) biasanya dalam kasus saraf terjepit terjadi pembekuan darah dan juga cairan. Dengan terapi lintah dan herbal, pasien terhindar dari kerusakan saraf secara permanent. Seiring masa terapi keluhan sakit karena saraf terjepit akan hilang dan sembuh seperti semula.
4. Migraine
Kata migraine sendiri berasal dari perkataan Yunani yaitu : “hemikrania” yang berarti “separo kepala”. Penyebab migrain bisa bermacam-macam. Mulai dari peredaran darah yang tidak lancar dalam otak karena kelelahan dan kurang beristirahat, pola makan yang buruk, radang tonsil sampai pencernaan yang kurang bagus daya kerjanya. Nyeri pada migrain disebabkan karena pelebaran pembuluh darah di otak. Hal ini antara lain berkaitan dengan kadar hormon serotonin dalam darah. Jika kadarnya tinggi, pembuluh darah akan menyempit, sebaliknya jika kadarnya rendah maka pembuluh darah akan melebar. Gejala yang dialami jika migrain muncul adalah nyeri kepala yang sangat hebat, biasanya di satu sisi namun dapat pula di kedua sisi kepala. Penderita “sakit kepala sebelah” akan membaik setelah menjalani terapi lintah dan herbal. Pasien akan merasakan sakit yang berkurang, kepala terasa enteng, tidur pulas dan bangun tanpa rasa sakit. Penyembuhan penyakit migrain secara alami tanpa obat kimia, sehingga pasien terhindar dari penderitaan berkepanjangan. Tidak masalah berapa tahun penyakit migraine telah diderita.

5. Penyakit Jantung
Terapi lintah yang kami padukan dengan ramuan khusus herbal sangat baik untuk menetralisir racun,  melenturkan / menguatkan saraf dan otot, mengencerkan  darah / membersihkan plak / kolesterol / melancarkan aliran darah / sirkulasi darah dan oksigen juga melancarkan pemyumbatan pembuluh darah. Jantung yang sehat perlu bekalan darah yang encer dan oksigen yang cukup.Umumnya pasien merasa lebih baik dari setiap kali terapi keterapi lainnya. Keluhan seperti sesak nafas, sulit bernafas, nyeri / sakit didada, mudah lelah, jantung berdebar – debar, panas disekitar jantung, keringat dingin, tidak bertenaga akan berkurang dan hilang seiring terapi yang dijalani. Metode terapi alternatif ini steril, aman, tanpa efek samping, juga merangsang saraf yang ada disekitar jantung untuk bisa meregenerasi diri sendiri. Berbagai penyakit jantung yang bisa disembuhkan dengan terapi lintah dan herbal yang berkaitan dengan kordiovaskuler antara lain : Hyper koagulasi / Darah kental, Pemyempitan / Pemyumbatan pembuluh darah. Penderita gangguan jantung, Jantung koroner, Jantung bengkak, dan Jantung bocor. Tanpa perlu dioperasi dan tidak tergantung pada obat–obatan kimia.

Keselamatan dan Efek Samping Terapi Lintah

Sumber : Sumber : http://www.hirudomedicinalis.co.cc/keselamatan-dan-efek-samping-terapi-lintah/

Terapi lintah jarang pernah menyebabkan komplikasi serius. Rasa sakit lokal pengobatan dan gatal jangka pendek efek samping biasa. Sebelum pengobatan, pasien harus disarankan sesuai dan diminta untuk menandatangani formulir persetujuan yang menggambarkan efek samping yang relevan (lihat Lampiran). Prevalensi data dari studi yang sistematis dan calon hanya tersedia untuk beberapa efek samping yang berbeda dari terapi lintah. Analisis berikut ini disusun dengan menggunakan data dari studi efektivitas diterbitkan dan laporan kasus, serta dari pengamatan pribadi. data kontrol Kualitas di kejadian buruk didokumentasikan di lebih dari 1000 kasus dirawat di Rumah Sakit Essen-Mitte, terutama untuk pengobatan penyakit sendi degeneratif, juga dimasukkan dalam analisis.

1. Lokal Sakit Selama Perawatan
Persepsi rasa sakit lokal leeching bervariasi. Sebagian besar pasien menggambarkan rasa sakit menyeret lokal yang terjadi segera setelah gigitan lintah dan berlangsung selama sekitar satu sampai lima menit. Seperti air liur lebih banyak dan lebih diperkenalkan ke dalam jaringan, efek anestesi air liur lintah mulai berlaku. Intensitas rasa sakit dari gigitan lintah dan fase pertama makan umumnya digambarkan sebagai ringan atau diabaikan (tergantung pada ambang nyeri individu), tetapi beberapa pasien menemukan rasa sakit lebih intens, mirip dengan sengatan tawon. Intensitas dirasakan dari gigitan lintah bervariasi dari satu orang ke orang lain. peringkat nyeri subjektif berkisar dari “hampir tidak terlihat” untuk “ringan” (mirip dengan rasa sakit jelatang menyengat) untuk “mirip dengan sengatan tawon” (sangat jarang). Sensasi (atau kadang-kadang agak kuat) sedikit menarik ritmis biasanya memperhatikan untuk satu sampai tiga menit pertama setelah dimulainya pemberian pakan.

Apakah rangsangan dari intensitas yang sama persis dianggap menyakitkan atau tidak dirasakan di semua tentu tergantung pada kepribadian individu, tetapi juga tergantung pada konsentrasi orang itu pada lintah atau sikap terhadap terapi lintah. Ukuran rahang lintah individu, kekuatan menggigit, intensitas hisap, dan volume dan komposisi air liur lintah juga berperan. Banyak orang bahkan tidak pernah memperhatikan gigitan lintah, misalnya ketika mereka digigit bawah air, sementara perhatian mereka terfokus pada sesuatu yang lain. Sering, pasien lebih cemas yang berfokus pada lintah bersiap-siap untuk menggigit, semakin tinggi persepsi nyeri. Terapis lintah harus diingat selama tahap persiapan dan selama pengobatan. pengalihan A seringkali dapat membantu. Hal ini juga berguna untuk memungkinkan pasien untuk “mengenal” “nya” atau “dia” lintah dan untuk meyakinkan pasien dengan penanganan lintah dengan cara yang percaya diri. Jika sarung tangan lateks harus dikenakan untuk alasan kesehatan, terapis lintah tidak harus menggunakan forseps pada lintah. Banyak pasien kehilangan keengganan mereka untuk lintah ketika mereka menunjukkan bagaimana mereka berenang dan elegan pola berwarna indah di punggung mereka ditunjukkan. Banyak orang melaporkan bahwa sikap pasien terhadap perubahan lintah dari negatif ke positif setelah pengalaman pengobatan positif. Sebagian besar kekhawatiran diproyeksikan ke lintah ini didasarkan pada kekhawatiran kuno bukan pada fakta-fakta objektif. Kami juga menyarankan agar membunuh lintah di depan pasien. Jika lintah harus dibunuh setelah perawatan, hewan harus beku dan ditempatkan dalam larutan alkohol 90% beberapa hari kemudian.

2. Lokal Gatal
Transient gatal di tempat gigitan lintah dalam beberapa hari pertama setelah pengobatan sangat umum dan tidak boleh salah untuk reaksi alergi. Dalam studi tentang kemanjuran terapi lintah pada pasien dengan osteoarthritis lutut, sekitar 70% dari pasien yang diobati dengan lintah dikembangkan gatal lokal yang berlangsung rata-rata dua hari. gatal Transient terjadi pada frekuensi yang sebanding, tetapi tingkat intensitas kuat dalam banyak kasus di mana lintah yang diterapkan pada sendi-sendi perifer lebih, misalnya ibu jari, tapi di tingkat bawah setelah perlakuan sendi besar dan zona vertebrogenic, menurut penilaian empiris. Pasien bisa disarankan efek samping sebelum perawatan. Pasien tidak boleh menggaruk gigitan lintah, terutama setelah penutupan luka awal, karena ini sering penundaan penyembuhan luka. Kami merekomendasikan solusi pendinginan lokal (dadih wraps, lembab dingin membungkus, cuka membungkus). Untuk gatal lebih berat, produk antipruritic komersial (misalnya, salep Fenistil) atau antihistamin oral dapat digunakan. Beberapa ahli terapi lintah meresepkan antihistamin oral bersamaan untuk pasien dengan riwayat diketahui reaksi parah (gatal dan kemerahan kulit) untuk terapi lintah. laporan singkat Terpencil menggambarkan kambuh gatal-gatal sedang dalam situasi tertentu (misalnya, suhu tinggi) selama beberapa bulan setelah kursus dinyatakan lancar terapi lintah.

3. Hipotensi dan Serangan Vasovagal
Pasien dengan riwayat serangan vasovagal berkembang atau syncope (pingsan) sebelum metode pengobatan invasif lainnya juga dapat mengembangkan reaksi seperti itu pada awal atau selama terapi lintah. Salah satu survei menunjukkan bahwa serangan vasovagal terjadi pada satu dari 1000 lintah dilakukan perawatan di rumah sakit kami. Oleh karena itu, lintah terapis harus selalu bertanya tentang sejarah sebelum pasien serangan vasovagal atau pingsan sebelum prosedur seperti pengambilan sampel darah atau akupunktur. Untuk menjaga terhadap serangan vasovagal, pasien harus minum banyak cairan sebelum dan selama pengobatan, dan pengobatan harus selalu dilakukan dalam lingkungan menenangkan sementara pasien berbaring. Dua kasus rawat jalan hipotensi dan syncope vasodepressor berikut terapi lintah juga diamati. Kedua pasien diketahui hipertensi arteri dan obat-obatan antihipertensi tiga, yang mereka terus mengambil seperti biasa. Beberapa jam setelah terapi lintah, kedua pasien mengembangkan serangan singkat syncope jinak. Penting untuk diingat leeching yang memiliki efek antihipertensi dikenal ketika merawat pasien pada obat-obatan antihipertensi. Pasien harus minum banyak cairan. Jika ada aliran yang kuat darah dari gigitan lintah, tekanan darah pasien harus dipantau dan obat-obatan antihipertensi harus disesuaikan sesuai kebutuhan.

4. Kekurangan Darah
Terapi lintah selalu dikaitkan dengan tingkat tertentu kehilangan darah, yang secara klinis tidak relevan dalam banyak kasus. Dalam uji klinis oleh Michalsen, kerugian hemoglobin rata-rata 0,7 mg / dL kehilangan darah, dan relevan secara klinis tidak terjadi pada salah satu pasien diteliti. Namun, ada pengamatan terisolasi afterbleeding kuat dengan penurunan nilai hemoglobin, terutama dalam kasus di mana lintah tak sengaja diterapkan langsung ke vena dangkal. Menurut catatan Essen-Mitte Rumah Sakit, penurunan klinis yang relevan dalam hemoglobin (> 3 mg / dL) terjadi setelah terapi lintah dalam dua pasien, salah satunya dibutuhkan transfusi darah (setelah dirawat dengan enam lintah untuk osteoartritis lutut ). Ditanya retrospektif, salah satu pasien menyatakan bahwa dia, menurut dia, mengalami luka pendarahan berkepanjangan di masa lalu. Dalam kasus lain, afterbleeding dari gigitan lintah berlangsung selama 36 jam dan harus dihentikan dengan jahitan kulit. tes koagulasi luas kemudian dilakukan namun tidak ditemukan adanya gangguan koagulasi tertentu. Sebelum terjadinya perdarahan yang tidak biasa tampaknya anamnestically penting, dan pasien harus secara spesifik ditanya tentang peristiwa tersebut. Antikoagulan adalah obat-obat bersamaan penting untuk melihat. Jika dosis rendah aspirin diresepkan dalam kombinasi dengan penghambat agregasi trombosit lain (clopidogrel, Iscover, Plavix) atau tinggi dosis minyak ikan (Omacor), sejumlah kecil lintah (3-4) pada awalnya harus digunakan. jumlah darah harus selalu diperoleh sebelum memulai terapi lintah. Untuk andal mencegah hilangnya jumlah yang relevan dari darah, lintah terapis seharusnya tidak pernah menggunakan lebih dari 12 lintah dalam sesi pengobatan tunggal.

5. Gangguan Luka Penyembuhan, superinfeksi, dan Alergi
Setelah lintah tetes off, tepi luka tiga cabang umumnya membengkak selama 12-48 jam disertai dengan perasaan ketegangan lokal, panas, dan memerah. bintik-bintik darah Kecil (ecchymoses) berkembang di bawah kulit di sekitar gigitan lintah. koleksi lebih besar dari darah jarang berkembang. Seperti memar dangkal, bercak darah pada awalnya ungu kemerahan, kemudian hidupkan kekuningan, dan akhirnya menghilang dalam waktu sekitar dua minggu. peradangan Localized, kadang-kadang dengan ketinggian papulous dari situs gigitan, adalah masalah yang relatif umum yang sering disertai dengan gatal. Peradangan ini biasanya mereda cepat ketika es dan dibiarkan. Penyebab gangguan ini luka-penyembuhan tidak diketahui. penanganan yang tidak tepat, terutama penghentian awal afterbleeding dari luka, meremas kepala lintah dengan tang, penghapusan kuat dari lintah sebelum selesai makan, dan kegagalan untuk menjaga hewan di air tawar, telah sering kali terlibat sebagai penyebab potensial. Namun, hal ini juga telah diamati terjadi setelah penanganan lintah yang tepat dalam kasus-kasus yang terisolasi. Secara teoritis, infeksi lokal dengan Aeromonas hydrophila merupakan penyebab potensial, namun belum ada bukti mikrobiologi sejauh kehadiran hydrophila Aeromonas dalam cairan luka dari pasien yang terkena. radang lokal lebih parah yang paling sering disebabkan oleh kontaminasi luka sekunder atau iritasi akibat iritasi mekanis, seperti menggaruk dan gosok. Pasien harus diberitahu secara menyeluruh pentingnya melindungi luka dari iritasi mekanis. Menurut survey rumah sakit, radang lokal lebih parah terjadi dalam tiga kasus terisolasi: Satu pasien erisipelas dikembangkan dan dua limfangitis sedang dikembangkan. Semua kasus diselesaikan dengan cepat sebagai respons terhadap pengobatan antibiotik dengan sefalosporin dan / atau inhibitor girase. Ketaatan kontraindikasi dan rekomendasi lokalisasi meminimalkan risiko peradangan lokal. Dalam kasus tidak jelas di mana kulit kemerahan progresif dan menyakitkan berkembang, terutama jika dikaitkan dengan suhu meningkat, terapis lintah harus tahu untuk mengelola antibiotik segera. Pseudolymphomas mungkin terjadi dalam kasus yang jarang terjadi, ini efflorescences papulous disebabkan oleh reaksi arthropoda untuk gigitan lintah. Saat ini, tidak ada data yang digunakan untuk menilai frekuensi yang tepat dari efek samping tersebut. Untuk pengetahuan kita, total tiga didokumentasikan dan dikonfirmasi kasus telah dilaporkan.
Sulit untuk membedakan gangguan sekunder luka-penyembuhan dari reaksi alergi yang potensial. data yang tepat pada frekuensi reaksi alergi terhadap gigitan lintah tidak tersedia. gatal lokal, efek samping yang umum dari leeching, tidak boleh ditafsirkan sebagai reaksi alergi. reaksi alergi tegas seperti urtikaria sementara dan locodistant pembengkakan telah dilaporkan dalam beberapa kasus terpisah. Namun, gejala lokal, eritema refleks, dan dermographism urtikarial pada individu psychovegetatively labil telah diteliti lebih sering. Sebuah laporan kasus yang lebih tua menggambarkan terjadinya shock anafilaksis jangka pendek setelah diterapkan enam lintah ke daerah candi. Beberapa ahli terapi lintah mengelola antihistamin sistemik untuk pengobatan reaksi alergi lokal dengan (empiris) kesuksesan yang baik. Namun, tingkat respons yang baik untuk antihistamin tidak bukti per se dari penyebab alergi: Tingkat tertentu respon plasebo untuk antihistamin juga harus diperhitungkan. Yang mungkin boosting alergi antibiotik yang sudah ada dengan terapi lintah juga diusulkan dalam laporan kasus.

Ketika menafsirkan reaksi lokal yang terjadi setelah terapi lintah, penting untuk diingat bahwa protease dalam air liur lintah rilis berbagai jenis mediator nonimmunological. Selanjutnya, reaksi tersebut dapat diperburuk oleh faktor psychovegetative. Semua dalam semua, hanya ada beberapa kasus di mana sebuah hubungan antara terapi lintah dan terjadinya reaksi alergi telah terbukti dengan kepastian yang memadai. Namun, reaksi alergi berpotensi terjadi setelah terpapar untuk setiap protein asing. Dermatitis kontak juga telah diamati setelah penggunaan salep lintah.

Jangka pendek reaktif bengkak dan / atau kelembutan kelenjar getah bening proksimal telah kadang-kadang telah dilaporkan, tetapi paling sering pada pasien dengan penyembuhan luka tertunda. Gejala ini memiliki paling sering berkembang di daerah selangkangan setelah diterapkan lintah untuk pengobatan sendi lutut, sendi pinggul, atau varises. Cepat dan lancar hilangnya pembengkakan kelenjar getah bening yang dijelaskan dalam semua laporan kasus.

6. Keracunan darah
Sepsis karena infeksi sistemik dengan Aeromonas hydrophila telah berulang kali diamati setelah aplikasi lintah di indikasi bedah rekonstruksi, tetapi tidak dalam salah satu bidang yang relevan lainnya digunakan. Ini mendukung kesimpulan bahwa risiko sepsis Aeromonas hydrophila meningkat hanya pada pasien dengan penyakit yang mendasari berat atau imunosupresi, yang sering terjadi di calon bedah untuk terapi lintah. Oleh karena itu kami merekomendasikan perawatan antibiotik bersamaan untuk semua pasien bedah menerima terapi lintah. Dalam bidang sisa penggunaan, terapi antibiotik primer tidak tampaknya diperlukan sesuai dengan keadaan saat ini pengetahuan, tetapi kontraindikasi relevan harus diperhatikan.

7. Penularan Penyakit Infeksi
Hari ini, lintah obat umumnya hanya digunakan sekali. Oleh karena itu, tidak ada resiko pengalihan tidak langsung penyakit menular dari satu pasien ke yang lain. infeksi primer dengan Aeromonas hydrophila secara klinis relevan hanya jika lintah berlaku untuk transplantasi bedah. pengobatan antibiotik Concurrent Oleh karena itu dianjurkan untuk profilaksis infeksi pada kasus-kasus ini (lihat di atas). Transmisi patogen bakteri atau virus lain untuk manusia dalam konteks terapi lintah belum teramati sejauh ini.

8. Bekas luka
Bila dibiarkan, lintah bekas biasanya cepat menyusut ke sulit terlihat atau tak terlihat tanda-cabang tiga kecil yang hilang sepenuhnya dalam waktu satu sampai tiga minggu. Namun, jika penyembuhan luka terganggu akibat menggaruk luka atau infeksi sekunder, bekas luka akan tetap terlihat untuk waktu yang signifikan lebih lama. perubahan kulit Papulous bertahan selama beberapa bulan juga telah dilaporkan dalam kasus-kasus yang terisolasi. Dalam satu kasus, sebuah “reaksi arthropoda” permanen juga dilaporkan terjadi setelah perawatan lintah. jaringan parut yang signifikan dapat terjadi terutama ketika lintah diterapkan untuk
daerah dengan kulit tipis dan lapisan tipis dari jaringan subkutan atau daerah bersama dimana kulit adalah pergerakan konstan. Mengenakan pakaian ketat setelah perawatan, misalnya di sekitar lutut, juga dapat menghasilkan pembentukan bekas luka.

Untuk alasan estetika, pengendalian dianjurkan bila menggunakan lintah di daerah wajah atau di bagian terlihat jelas dan kosmetik yang relevan lain dari tubuh. Di sini, kita kembali menekankan bahwa perlu untuk benar-benar menginformasikan kepada pasien tentang potensi risiko pengobatan, termasuk jaringan parut, dan untuk memperoleh informed consent tertulis dari pasien sebelum pergi ke depan dengan pengobatan.
sumber : http://www.leeches.biz/safety-adverse-effects.htm




Sekian, semoga bermanfaat informasi ini.
 


Jika Anda Tertarik untuk Berobat denga Lintah, silahkan menghubungi Customer Service IHC :
 
INTEGRATED HEALTH CENTER
Jl. Taman Cibunut Utara No. 16 Bandung
Telp. 022-423 0523
Buka Praktek Hari Senin, Selasa, Kamis dan Jum'at

Jangan lupa, daftar terlebih dahulu sebelum berobat ya....

Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar